Bauran Pemasaran Kue Bolu Di Toko Kue ID CAKE Manggis Bukittinggi

Zulvia, Rahma Fitri and Ukrita, Indria Bauran Pemasaran Kue Bolu Di Toko Kue ID CAKE Manggis Bukittinggi. Journal of Agribusiness. (Unpublished)

[img] Text
ARTIKEL RAHMA ZULVIA.pdf

Download (250kB)

Abstract

Pemasaran merupakan faktor yang memiliki peranan penting bagi perkembangan usaha. Pemasaran sangat penting bagi perusahaan, apabila pemasaran berjalan optimal akan memberikan dampak yang baik terhadap penjualan. Pada toko kue ID CAKE sudah menerapkan bauran pemasaran tetapi ada beberapa fungsi pemasaran yang belum berjalan optimal oleh karena itu strategi dalam pemasaran sangat pentng dan perlu diperbaiki dalam perusahaan. Pengumpulan data dilakukan dari bulan Maret- Mei 2022 .di ID Cake Manggis Bukittinggi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi dan studi pustaka. Toko kue ID CAKE melakukan bauran pemasaran terhadap bauran produk kue bolu yaitu kue bolu dengan dua bentuk yaitu kue bolu bulat dan kue bolu balok dengan berbagai jenis rasa dan topping. Harga yang ditawarkan untuk bolu bulat Rp.60.000 per buah dan Rp.50.000 per buah untuk distribusi langsung dan tidak langsung. Sedangkan untuk kue bolu balok Rp.30.000 per buah dan Rp.25.000 per buah pemasaran langsung dan tidak langsung. Distribusi pemasaran langsung dilakukan di outlet sedangkan pemasaran tidak langsung melalui pengecer mini market, dan sanjai diberbagai daerah di Sumatera Barat seperti Bukitinggi, Payakumbuh, Pasaman, Padang Panjang, Maninjau. Promosi produk yang dilakukan dengan menggunakan Advertising personal selling melalui kelas bakking, event UMKM, dan juga direct marketing melalui media sosial Ig, Fb dan Wa, dan juga melakukan sales promotion melalui display di outlet. Toko kue ID Cake harus meningkatkan pelayanan konsumen lebih baik lagi untuk pemasaran online seperti Instagram dan juga meningkatkan manajemen usaha dalam memasarkan produk sehingga usaha yang dijalankan terencana dan lebih terkoordinir dan dapat berjalan sesuai yang diharapkan.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TX Home economics
Divisions: Jurusan Budi Daya Tanaman Pangan > Prodi Agribisnis
Depositing User: Nopan Permana Ok
Date Deposited: 16 Sep 2022 02:07
Last Modified: 16 Sep 2022 02:07
URI: http://repository.ppnp.ac.id/id/eprint/872

Actions (login required)

View Item View Item