Rahmi, Elfi and Putra, Riza Andesca and Alianta, Aditya Alqamal and Rahim, Rida (2022) Analisis Efektifitas Pemasaran Online terhadap Penjualan Produk-produk Olahan Hasil Ternak di Kota Payakumbuh. Journal of Livestock and Animal Health, 5 (2). pp. 85-93. ISSN 2655-2159
Text
240 - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (3kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektifitas pemasaran online dalam peningkatan penjualan produk-produk olahan peternakan oleh UMKM di Kota Payakumbuh. Penelitian dilakukan dengan metode survei menggunakan 30 orang responden UMKM yang memproduksi produk olahan peternakan, yaitu rendang, frozen food (nugget, sosis, bakso), susu dan es krim susu kambing, bakso goreng, telur omega, kerupuk kulit dan pupuk organik. Metode penelitian adalah metode survey menggunakan kuisioner, wawancara dan observasi. Variabel yang diukur adalah desain iklan, ide konten, komunikasi verbal, originalitas dan penjualan. Data yang digunakan diukur dengan skala likert, kemudian dianalisis dengan regresi linier berganda menggunakan SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain iklan, ide konten, komunikasi verbal, dan originalitas pada promosi online tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan, karena semua nilai signifikansinya besar dari 0,05. Angka R2 pada analisis regresi sebesar 0.09 juga menunjukkan bahwa desain, ide konten, komunikasi verbal, dan originalitas hanya 10% mempengaruhi penjualan. Efektifitas pemasaran menggunakan promosi online masih pada tahap membuat konsumen sadar akan merek (brand awareness).
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions S Agriculture > SF Animal culture |
Depositing User: | malvin toni |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 00:42 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 00:42 |
URI: | http://repository.ppnp.ac.id/id/eprint/863 |
Actions (login required)
View Item |