ANALISIS SALURAN PEMASARAN BAWANG MERAH DI KENAGARIAN SUNGAI NANAM KABUPATEN SOLOK

Yelfiarita, Yelfiarita and Purnamasari, Agustin and Darnetti, Darnetti (2020) ANALISIS SALURAN PEMASARAN BAWANG MERAH DI KENAGARIAN SUNGAI NANAM KABUPATEN SOLOK. Prosiding Webminar Nasional Series Sistem Pertanian Terpadu Dalam Pemberdayaan Petani di Era New Normal. pp. 402-417. ISSN 9786239504915

[img] Text
Analisis Saluran Pemasaran Bawang Merah Di Kenagarian Sungai Nanam Kabupaten Solok.pdf

Download (303kB)
Official URL: http://www.ppnp.ac.id

Abstract

Bawang merah merupakan salah satu komoditas pertanian yang ikut berkontribusi dalam mewujudkan peran pembangunan pertanian. Karakteristik bawang merah yang cepat busuk dan rusak, fluktuasi harga jual tajam, jangkauan pemasaran relatif jauh, menimbulkan ketidakpastian harga di tingkat petani. Semakin panjang rantai pemasaran yang dilalui maka biaya yang dikeluarkan akan semakin besar, yang menyebabkan perbedaan harga di tingkat konsumen dan petani bawang semakin besar pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi saluran pemasaran dan fungsi-fungsi lembaga-lembaga pemasaran yang dilakukan oleh lembaga yang terlibat dalam pemasaran bawang merah di Kenagarian Sungai Nanam. Penelitian ini dilakukan di Kenagarian Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok dengan jumlah petani responden sebanyak 30 orang diambil secara quota sampling, dan sampel lembaga pemasaran diambil secara snowball sampling sebanyak 5 pedagang besar, 10 pedagang pengumpul dan 15 orang pedagang pengecer. Hasil penelitian terdapat 4 jenis saluran pemasaran bawang merah yaitu; (1) Petani →Konsumen. (2) Petani →Pedagang Pengecer. (3) Petani →Pedagang Pengumpul →Pedagang Pengecer →Konsumen. (4) Petani →Pedagang Besar →Pedagang Pengumpul →Pedagang Pengecer →Konsumen. Tugas dan Fungsi lembaga pemasaran bawang merah yaitu; (1) Petani, melakukan fungsi penjemuran, sortasi dan fungsi penjualan. (2) Pedagang besar, melakukan fungsi pembelian, pembersihan, penjemuran, penyimpanan, pengemasan, pengangkutan dan penjualan. (3) Pedagang Pengumpul, melakukan fungsi pembelian, pembersihan, penjemuran, penyimpanan, pengemasan, pengangkutan dan penjualan. (4) Pedagang Pengecer, melakukan fungsi pembelian, pengangkutan, penyimpanan dan penjualan. Ketika skala produksi kecil dari 1000 kg maka petani akan lebih memilih saluran I dan II dan ketika skala produksi lebih dari 1000 kg maka petani akan lebih memilih saluran III dan IV.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S.Sos Khairul Hidayat
Date Deposited: 08 Mar 2021 04:04
Last Modified: 08 Mar 2021 04:04
URI: http://repository.ppnp.ac.id/id/eprint/490

Actions (login required)

View Item View Item