Strategi Pemasaran Minuman Probiotik Olahan Buah Naga Dan Analisis Tingkat Kepuasan Terhadap Atribut Produk Di Koto Panjang Nagari Kapau, Sumatera Barat

Putri, Mega Amelia and Elida, Mutia and Agustina, Agustina and Elviati, Elviati (2022) Strategi Pemasaran Minuman Probiotik Olahan Buah Naga Dan Analisis Tingkat Kepuasan Terhadap Atribut Produk Di Koto Panjang Nagari Kapau, Sumatera Barat. In: Transformasi Pertanian Digital dalam Mendukung Ketahanan Pangan dan Masa Depan yang Berkelanjutan. AGROPROSS National Conference Proceedings of Agriculture.

[img] Text
Article prosiding jember.pdf

Download (354kB)

Abstract

Upaya peningkatan perekonomian masyarakat dan pemanfaatan buah naga out offgrade maka Pemerintah Daerah Nagari dan kelompok Al-Barokah berkeinginan untuk melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis riset yaitu diversifikasi olahan buah naga. Inovasi dapat dilakukan melalui diversifikasi olahan buah naga menjadi minuman biofruit yang berkhasiat untuk kesehatan (minuman Albrobiofruit). Penting adanya strategi untuk mengenalkan dan memasarkan produk. Riset ini bertujuan untuk menganalisis segmentasi, target dan posisi pasar produk minuman buah naga, serta mengukur indeks kepuasan konsumen terhadap atribut produk. Responden diputuskan secara purposive sekitar 111 orang. Metoda analisa yang diimplementasikan adalah metoda Customer Satisfaction Indeks (CSI) untuk mengenal tingkat kepuasan pembeli, segmentation, targeting, dan positioning (STP) produk minuman Albrobiofruit. Menurut hasil kajian, tingkat kepuasan pembeli dicapai hasil dari hitungan CSI yaitu 82,89% yang menggambarkan tingkat kepuasan pembeli kepada atribut kualitas produk Albrobifruit termaksud dalam katagori "sangat puas". Penetapan Segmentation, Targeting, dan Positioning berdasar di ciri khas demografis dan penilaian pembeli. Rumusan strategi dari analisa kepada produk Albrobiofruit adalah menambah promosi produk biar dikenali oleh seluruh kelompok, mengawasi kualitas produk dan berikan pelayanan yang bagus. Tidak hanya itu, perlu dijalankan usaha untuk merajut dan membangun kerja sama dengan faksi pemerintahan dan swasta untuk mendukung promo produk

Item Type: Book Section
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
Depositing User: S.Sos Khairul Hidayat
Date Deposited: 02 May 2023 03:07
Last Modified: 02 May 2023 03:07
URI: http://repository.ppnp.ac.id/id/eprint/1437

Actions (login required)

View Item View Item